Tutorial Wordpress

Tips Agar Blog Banyak Dilihat Orang

Kali ini saya akan mencoba berbagi Tips Agar Blog Banyak Dilihat Orang, karena dalam sebulan terakhir ini Sahabat yang seringberkunjung ke Forum Resmi WordPress.com banyak membahas tentang bagaimana cara blog kita banyak di lihat orang ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa para senior yang sudah berpengalaman di dunia blogging menyarankan tips untuk mendapatkan banyak pengunjung dengan cara mendaftarkan blog ke google webmaster, Mengoptimalkan SEO, mengoptimasi Kecepatan Loading Website dan masih banyak lagi.

Namun untuk pengguna WordPress.com gratisan ternyata memiliki tips sendiri untuk membuat blog ramai pengunjung, seperti yang akan kita simpulkan dari pembahasan pada Forum Resmi WordPress Indonesia.

1. Om Duto

Kalau menurut saya, belajar rajin menulis yang bagus dulu, yang menarik orang, unik, bukan kopasan, dan sejenisnya. Dengan memunculkan artikel unik secara rutin, otomatis mesin pencari akan suka dengan blog Anda.
Dengan semakin bagus posisinya di search-engine akan semakin mudah ditemukan orang. Sebaliknya pula, semakin banyak diklik orang, semakin bagus posisinya di ranking mesin pencari.
Dengan cara rutin menulis hal yang unik dan menarik (belajarnya juga perlu waktu, tenaga, ketelatenan dan kesabaran), dengan sendirinya Anda telah menjalankan trik SEO terbagus dan tarandal di dunia maya.

Pentingkan dan perhatikan isi, isi dan kemudian isi. Tampilan baru nomer sekian setelah isi benar-benar menjadi prioritas.
Kalau Anda sekadar ingin menulis apa saja, silakan, tulislah hal-hal yang cair saja nggak usah berat-berat; jangan lupa bumbui dengan humor dan celotehan ringan bersahabat.
Kalau Anda ingin membuat blog yang unik, carilah hal-hal yang banyak disuka orang tetapi jarang ditulis; jadilah Anda pakarnya (meski harus selalu belajar dan belajar), jangan latah, jangan sekadar mengikut arus.
Ketika Anda sudah leading nanti, jadilah trend-setter dan jangan sekadar follower.

SEO itu ada dua bilah, on page dan off page. Keduanya harus diperhatikan.
Nah kalau untuk blog di wp.com, untuk optimasi on page (teknik optimasi pada blog) bisa dilakukan dengan memperhatikan/memperbaiki misalnya (beberapa saja): judul tulisan… usahakan mengandung kata kunci yang Anda ingin ditemukan orang di mesin pencari; penggunaan huruf atau kata yang dicetak tebal, miring, garis bawah, dan lain sebagainya, sebagai penekanan hal penting di postingan (kata kunci misalnya); tautan antar postingan dan/atau halaman pada blog kita (disebut internal linking); usahakan orang cepat dalam mengakses blog dengan misalnya meminimalisasi image dan sertakan tag alt pada setiap image, dll.

Sementara untuk optimasi off page (dilakukan di luar blog kita), antara lain mencari dan/atau mengusahakan adanya backlink dari website atau blog lain, contohnya meninggalkan komentar di blog saya hehehe…, lantas daftarkan blog (site map) kita ke google, yahoo, bing dll (wp.com sudah memberikan fasilitas ini dan menyarankan kita mendaftarkannya, maka gunakanlah).

SEKALI LAGI: Menulis dan terus menulis, fokus, konsisten, sabar, telaten dan usahakan mengamati apa dan bagaimana performa blog yang banyak pengunjungnya, tiru metodenya, modifikasi (ATM = amati, tiru, modifikasi).

Yang hebat itu wp.com. Kita nggak perlu pusing2 dengan SEO yg macam-macam, trafik blog akan terjaga bagus selama kita konsisten / rajin menulis.
Tidak ada hal yang tidak ada awalnya, yang menjulang setinggi langit sekalipun…
Tidak perlu berkecil hati…
Salam sukses…

2. adnanomatic

kalau sulit untuk update rutin, coba untuk sekali update langsung menulis seusatu yang wah.

kalo blog wp.com seonya ya yg standar2 aja. Dari judul yang mengandung keyword dan beberapa ratus kata pertama juga mengandung kata kunci yang dituju. Trus yang gak kalah penting adalah link building untuk blog/artikel kita. Kalau blog/artikel kita memiliki banyak backlink biasanya membantu dalam posisi serp.

3. alamendah

Yang pasti gak ada cara instans. Saran dari sobat2 di atas musti dilakukan dengan sabar, telaten, dan konsisten.
Nantinya traffic akan bertambah dengan sendirinya dari hari ke hari.

4. lostmyidea

ya membuat posting blog yang bagus, yang terlihat menarik, trus tiap hari posting rutin, sering berkunjung ke blog teman2, dan sering mampir di forum ini :)

5. bayangankfg

Ayo rajin blog walking!!! jangan lupa ninggalin komentar yang bermutu ya…

6. kevin3191

Setelah saya tanya-tanya ke pada master-master saya , cara mendapatkan banyak pengunjung adalah :
1 . blogwalking , jalan-jalan dan tinggalin komentar yang bermutu ke post’an orang-orang
2 . daftarin ke webmasters
3 . link exchange/ tukar link
4 . kasih info-info yang berguna di blog kamu
5 . banyak doa hehe

7. dasanbaru

ini pendapat saya yang sebenarnya juga jarang update blog. Tetapi sebulan terakhir traffic saya cukup baik jika di banding bulan sebelumnya.
yang saya lakukan adalah menulis hal hal yg lagi banyak menyita perhatian orang. kemudian saya mencoba memberi tag dengan menimbang kira kira kalau saya sebagai org yang ingin mendapatkan info tentang suatu hal (seperti yg saya tulis) kira2 query seperti apa yang paling pantas untuk saya masukkan ke search engine agar mendapatkan informasi tepat. nah itulah yang menjadi bahan pertimbangan saya dalam memberi tag pada tulisan saya. hasilnya lumayan bagus, sebagian besar kunjungan berasal dari pencarian berdasarkan query di search engine. Selain memilih topik tulisan dan mengoptimalkan penggunaan tag saya juga selalu menyempatkan diri mampir di blog2 teman. Hal lain yg bisa di lakukan adalah mengaktifkan publisize di Twitter, Facebook, Linked in, Yahoo update dsb. Sehingga teman2 kita di media social bisa melihat tulisan kita juga. Semoga info ini bermanfaat.

Pastikan Setelan blog benar benar visible buat semua orang. Kalau kita memiliki akun social media (FB, Twitter, atau Linked In dsb) kaitkan (Link) blog kita ke akun social media tersbut. Daftarkan blog kita ke web Directory seperti Networked blog, Saling silang, Technorati, Blogger.com dsb itu akan sangat membantu untuk menjalin network dengan blogger lain. Tetapi jangan terlalu banyak karena kalau inbounds terlalu banyak biasanya search engine akan menolak utk meng-indeks isi blog kita. Untuk merangsang search engine mengindeks blog kita, hendaknya tulisan (post) lebih di perhatikan, kemudian pemberian label, kategory dan tag sangat penting.

Gak terasa cukup panjang juga ya?

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Powered by Wordpress ~ Designed by WooThemes ~ Redesigned by Fathin Afif
Jump To Top

Kategori

RSS TERBARU DARI RED

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

RSS TERBARU DARI MAS FAJAR

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

ARTKEL MENARIK LAINNYA

%d blogger menyukai ini: